Sabtu, 29 Januari 2011

7 Cara Meningkatkan Alexa Rank


Sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita membahas tentang apa sih ALEXA Rank itu? Alexa rank adalah ranking traffic suatu situs atau Blog bisa dikatakan sebagai gambaran seberapa banyak pengunjung situs atau Blog kita.
Adapun menurut situs Alexa.com, alexa rank dihitung berbasis agregat traffic 3 bulanan dari jutaan pengguna Alexa Toolbar dan merupakan sebuah ukuran kombinasi dari page views dan pengunjung. Pada tahap pertama, Alexa menghitung jumlah pengunjung dan jumlah page views untuk semua situs dan blog secara harian.
Dari definisi tersebut, maka yang berperan penting dalam alexa rank adalah Alexa Toolbar, jumlah pengunjung, dan jumlah page views yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs/blog bersangkutan dengan alexa toolbar terinstal di browser yang digunakannya.

Mengapa Alexa Rank Begitu Penting..????


Awalnya saya juga nggak begitu paham tentang Alexa sampai ketika seorang teman menanyaiku tentang ranking Alexa.

Lalu mulailah saya mencari tau tentang Alexa. Memang…Alexa Traffic Rank tidak sepopuler punyanya Google. Namun ternyata Alexa Rank cukup penting bagi para Blogger yang ingin menjadikan blog-nya sebagai monetize blog karena kebanyakan menggunakan rank Alexa sebagai syarat atau patokan dalam menentukan “harga” sebuah website.
Saat ini banyak para advertiser online yang mempertimbangkan alexa rank untuk menghargai link di website kita. Kalau ingin membuat moneytize blog, bersiap-siaplah untuk menaikkan alexa rank web kita. Semakin kecil alexa rank, makin besar pula kesempatan kamu untuk mendapatkan uang dari iklan. Dan juga alexa Rank bisa digunakan sebagai gengsi Blog kita semakin kecil Alexa Rank Blog kita di banding Blog teman2 kita maka mereka akan menganggap Blog kita lebih hebat dari pada blog mereka :)

Cara Meningkatkan Alexa Rank

Setelah berbincang-bincang dengan Mbah Google akhirnya saya merumuskan cara meningkatkan Alexa Rank dalam 7 poin berikut :

1. Alexa Toolbar

Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa ningkatin ranking website kamu. Sebenarnya bukan hanya websitemu, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Lalu, bukankah pengunjung pasti dari websitemu adalah dirimu sendiri? So, kalau browsermu sudah terinstall toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis! Nah, toolbar Alexa tersebut bisa di install disini

2. Alexa Widget

Pasang Alexa site stat widget di websitemu. Alexa site stat ini mengandung javascript yang mengantarkan setiap data pengunjung (ping) ke server Alexa sehingga statistik Alexa menjadi lebih akurat. Scriptnya bisa diambil disini. Tinggal copy paste. Ga perlu malu pasang Alexa widget yang gede, untuk mencapai hasil yang diinginkan tentunya ada harga yang harus dibayar kan? Siapa sangka dulunya ranking 3 juta-an sekarang ranking 300 ribuan?

3. Tulis Artikel Tentang Alexa

Tulis artikel tentang Alexa misalnya seperti yang sedang sobat baca tentang Cara Meningkatkan Alexa Rank ini dan ajak para pembaca untuk men-download Alexa Toolbar.  Jangan lupa saat membuat artikel tentang Alexa, selalu gunakan label atau kategori dengan keyword :  Alexa, Alexa rank, Alexa traffic rank, Rangking Alexa, dsb. Intinya ada kata ' Alexa ' , ini akan membuat senang si tante yang genit ini.

4. Daftar Blog ke Search Enggine Terutama Google,Yahoo Dan MSN

Ini dilakukan agar blog kita cepat terindek di mesin pencari terutama yang sudah terkenel dan besar seperti Google, Yahoo, MSN dll, baru setelah itu ke search engine lainnya.

5. BlogWalking

Ini adalah cara manual yg paling ampuh, setiap blogger pasti melakukannya, Contohnya adalah kunjung mengunjung, , berkomentar dan membalas komentar apalagi jika berkomentar di Blog Dofollow, seperti blog ini. 

6. Daftar Dan Aktif Di Blog Catalog

Daftar dan aktif di  Blog Catalog, atau blog direktori lainnya agar makin banyak link dari blog lain , katanya dg ini google akan semakin menganggap blog itu berbobot. 

7. Update Blog Sesering Mungkin

Pokoknya bikin postingan sesering mungkin pokoknya ada kegiatan posting tanpa melihat  itu bermutu atau tidak seperti postingan tentang tante  Alexa ini. Jangan takut dikatakan tak bermutu, lagian penilaian itu kan subyektif, katak kita bermutu kata yang lain tidak , begitu juga sebaliknya.

Cukup sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat…amin

3 komentar: